Langsung ke konten utama

MODES

Dalam pelajaran ini, saya ingin membahas dan mudah-mudahan mencoba untuk menjelaskan
kebingungan tentang modes. Kemampuan untuk memahami dan memanfaatkan mode adalah salah satu yang sangat penting untuk para gitaris.
Sebelum saya mulai, kamu harus mengetahui semua kunci. Jika tidak, Kamu masih bisa memahami pelajaran ini, akan memberikan kesan seolah-olah ini bisa di gunakan di semua kunci.
Semua contoh akan terkait kembali ke kunci C, karena hal ini jelas merupakan cara yang mudah.


Modes itu sederhana, yaitu scale yang berasal dari scale major.

Tanya : Dari mana natural minor dibangun?
Jawab : Scale minor/natural minor di bangun dari nada ke 6 dari scale major.
Apakah itu benar? tentu saja benar..

saya akan membuat bagan mode d bawah ini :

Do=C

1 = C
2 = D
3 = E
4 = F
5 = G
6 = A
7 = B
8 = C (Oktav)

Bagan di atas ini kamu bisa lihat, A minor adalah nada tingkatan ke 6 dari Scale major C.
Disini terdapat konsep yang bekerja, kamu bisa membangun scale di
setiap tingkatan dalam scale mayor. Disini dapat menemukan modes.
contoh :
Jika kamu main di kunci C, dan memutuskan untuk memulai di D, bukan di C,
tapi main masih di kunci C, Anda akan memiliki scale yang terlihat seperti ini :
D E F G A B C D
Scale tersebut adalah
Dorian modes, maksudnya adalah main di kunci C, tapi di mulai di tingkatan ke 2.

Demikian pula, kamu bisa melakukannya di tingkatan ke 3 pada scale major C dan akan terbentuk E F G A B C D E
Scale ini disebut
Pgyrgian modes..

Saya bilang sebelumnya, Kamu dapat melakukannya di
setiap scale tingkatan, untuk mendapatkan modes yang berbeda di setiap tingkatan.
Berikut ini bagan yang menyajikan ringkasan modes yang diperoleh pada setiap tingkatan, dan
karakteristik dari masing-masing modes:

1. Ionian (Major) => Majestic sounding
2. Dorian (Minor) => Weepy, banyak digunakan pada musik Country
3. Phrygian (Minor) => Dark, banyak digunakan pada musik Heavy Metal
4. Lydian (Major) => Sweet, digunakan pada semua
5. Mixolydian (Major) => Basic Rock dan Blues
6. Aeolian (Minor ) => Natural Minor scale
7. Locrian (Minor) => Vaugely oriental sounding

Mode major atau minor tergantung pada triad yang dibuat pada root (akar), misal mode Mixolydian adalah major karena root triad nya adalah major. G Mexolydian merupakan major mode pada kunci C, sebab kunci yang membuat G adalah kunci major. Daftar modes ini pasti berlaku pada semua kunci.

sumber : ayung-guitar.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TONALITAS DAN MODALITAS DALAM JAZZ

Jazz merupakan salah satu gaya bermusik yang berada di jalur tonal sekaligus jalur modal. Hal inilah yang terutama perlu dipahami untuk peminat jazz awal. Dalam perspektif tonal, jazz memiliki fungsi serta karakter akor selayaknya musik tonal lain. Namun karena dalam jazz banyak terjadi modulasi maka pendekatan modal menjadi pilihan cerdas terutama dalam berimprovisasi. Tonalitas merupakan sebuah sistem relasi antar nada maupun akor seperti telah banyak dikenal dalam musik-musik klasik Eropa dan akhirnya juga menjadi standar musik populer di bumi ini. Dan pada dasarnya jazz pun berada dalam lingkaran tersebut. Namun demikian jazz juga menawarkan sistem modal yang dapat diterapkan sekaligus bersamaan dengan tonalitas. meskipun modalitas dalam jazz sesungguhnya bukan modalitas dalam arti sesungguhnya seperti yang diterapkan dalam musik renaesance. kemudian apa sesungguhnya makna tonalitas dan modalitas dalam jazz: 1. Tonalitas Seperti dalam musik lain, progresi akor dalam jazz sesungguhn...

AMAZING MATH

x 1 x 8 + 1 = 9 12 x 8 + 2 = 98 123 x 8 + 3 = 987 1234 x 8 + 4 = 9876 12345 x 8 + 5 = 98765 123456 x 8 + 6 = 987654 1234567 x 8 + 7 = 9876543 12345678 x 8 + 8 = 98765432 123456789 x 8 + 9 = 987654321 1 x 9 + 2 = 11 12 x 9 + 3 = 111 123 x 9 + 4 = 1111 1234 x 9 + 5 = 11111 12345 x 9 + 6 = 111111 123456 x 9 + 7 = 1111111 1234567 x 9 + 8 = 11111111 12345678 x 9 + 9 = 111111111 123456789 x 9 +10= 1111111111 9 x 9 + 7 = 88 98 x 9 + 6 = 888 987 x 9 + 5 = 8888 9876 x 9 + 4 = 88888 98765 x 9 + 3 = 888888 987654 x 9 + 2 = 8888888 9876543 x 9 + 1 = 88888888 98765432 x 9 + 0 = 888888888 Brilliant, isn't it? And look at this symmetry: 1 x 1 = 1 11 x 11 = 121 111 x 111 = 12321 1111 x 1111 = 1234321 11111 x 11111 = 123454321 111111 x 111111 = 12345654321 1111111 x 1111111 = 1234567654321 11111111 x 11111111 = 123456787654321 111111111 x 111111111 = 12345678987654321 Now, take a look at this... 101% From a strictly mathematical What Equals 100%? What does it mean to give MORE than 100%? Ever wo...

ALTERNATE PICKING

Alternate picking adalah sebuah metode untuk memetik senar secara bolak-balik atas-bawas. Coba kamu bermain cepat dengan hanya memetik kebawah, bagaimana? merasa sulit kan?... malahan tidak efisien !!. Banyak gitaris yang menggunakan teknik ini, seperti Al Di Meola, Shawn Lane, John Petrucci dan Paul Gilbert dsb. Dengan cara Alternate Picking ini kamu bisa bermain lebih efektif dan cepat apabila berlatih dengan disiplin. Cara terbaik untuk membiasakan dengan teknik ini mulailah berlatih pada satu senar atas-bawah secara berulang-ulang, latihan ini akan bagus untuk membangun antara kecepatan dan koordinasi. Latihan 1 Pada latihan 1 adalah latihan paling sederhana dengan menggunakan senar terbuka. Mulai dengan perlahan dan cobalah untuk menambah kecepatan. Kamu bisa melakukan latihan ini pada semua senar. Pada saat memetik cobalah memiringkan klaber (pick) sedikit agar tidak telalu tegak lurus. Juga sebaiknya gunakanlah klaber tebal, karena klaber tipis kurang baik untuk memetik gitar. B...